Komponen Fisik dalam Jaringan TCP/IP (Repeater, Bridge, & Router)

Komputer dengan protokol TCP/IP dapat terhubung ke komputer dan jaringan lain, dengan bantuan peralatan jaringan komputer. Pada komputer itu sendiri ditambahkan alat yang disebut dengan Network Interface. Network Interface ini bisa berupa Card Ethernet atau  Modem. Card Ethernet dapat di hubungkan dengan komputer lain via RG 58 atau ke HUB melalui kabel UTP, jikalau menggunakan modem, ia akan terhubung ke jaringan melalaui kabel telpon, nah diluar peralatan yang disebutkan masih ada peralatan lain untuk membentuk jaringan komputer, perlatan ini disebutkan sebagai Device Penghubung Jaringan.

Device penghubung jaringan ini secara umum dibagi dalam beberapa kategori, antara lain  :
a. Repeater
Repeater adalah Fasilitas paling sederhana dalam jaringan komputer, fungsi utama reapeter adalah menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kemballi dengan kekuatan sinyal yang sama dengan sinyal aslinya pada satu segmen atau lebih pada kabel lan yang lain, dengan adanya reapeter ini kita bisa memberi jarak antar dua jaringan, dengan kata lain kita bisa memperjauh jarak antara satu jaringan komputer dengan yang lain.

b. Bridge
Bridge adalah sebuah fasilitas yang dapat meneruskan paket dari satu segmen LAN ke segmen lain, hanya saja bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dibandingkan dengan repeater. Untuk tiap card ethernet memiliki alamat ethernet yang unik. Bridge juga dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode Transmisi berbeda dan atau medium access control yang berbeda, dan kita bisa lihat contohnya di berbagai instalasi jaringan yang menggunakan device Bridge.

c. Router
Router adalah device yang memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router-router yang saling terhubung  dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma  routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik yang dilalui paket IP dari satu sistem ke sistem lain.


nah, setelah semua deviace telah kita uraikan walau hanya sekedar saja, secara ringkas kita bisa memahami peruntukan device, jika kita membangun sebuah jaringan internet, ada baiknya kita terlebih dahulu memahami satu persatu device yang akan kita pakai. 

Sekian dulu pembahasan tentang Komponen Fisik Jaringan TCP/IP dengan device Repeater, Bridge, dan Rouetr, kepada semua pembaca yang budiaman jika ingin meninggalkan pesan silahkan tinggalkan pada kolom komentar yang telah kami sediakan, dan jangan lupa memberi masukan karena masukan dari sanak semuanya akan memotivasi kami dalam menulis, sekian terimakasih.
Komponen Fisik dalam Jaringan TCP/IP (Repeater, Bridge, & Router) Komponen Fisik dalam Jaringan TCP/IP (Repeater, Bridge, &  Router) Reviewed by Kijang Jantan on 3:34:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.