Libre Office

Microsoft sekarang mempunyai saingan dalam hal pengembangan Office atau yang biasa kita dengar menulis sebuah dokumen dengan aplikasi, sekarang Libre Office telah datang untuk meramaikan perpasaran aplikasi pembuat dokumen, walau pada awalnya Libre Office muncul dari Linux yang menurut riwayatnya Libre Office berasal dari Open Office, seiring perkembangan zaman Libre Office merambah Kedunia Windows hingga saat sekarang support ke OS windows terbaru yang sering dipakai pada umumnya, bagaimana dengan fitur yang ditawarkan Libre Office secara garis besar hampir semua fitur yang ada pada word sama dengan writer hanya saja tata letak dan beberapa istilah tidak sama, nah jika kita rincikan bisa kita lihat apa saja yang berada pada Libre Office :

Writer pada Libre Office ini sama dengan Word pada Microsoft Office, fungsinya tetap penulis sebuah dokumen, dengan fitur yang ditawarkan hampir mirip hanya saja ada perbedaan pada tata letak dan bahasa istilah yang digunakan, intinya ini adalah salah satu aplikasi yang dibutuhkan pada sebuah kantor atau sekolah untuk menjalankan kegiatan sehari-hari, dalam hal ini Libre Office mencoba keberuntungan dengan menerbitkan Writer sebagai pemikat bagi seluruh kalangan yang berkecimpung didunia teknologi dan menawarkan beberapa fitur yang menggiurkan salah satunya bisa langsung ngesave ke pdf, walau di microsoft Word juga ada namun datangnya terlambat.

Calc adalah Lembar kerja yang mirip dengan Microsoft Excel atau Lotus 1-2-3. Calc memiliki beberapa fitur unik, termasuk sebuah sistem yang secara otomatis mendefinisikan beberapa elemen grafik sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pengguna. Dalam hemat penulis perbedaannya tidak terlalu sulit untuk dipahami, namun tetap saja bagi pengguna Microsoft Excel merasa canggung dalam mengaplikasikannya, tapi sepaling tidaknya ada Documents Foundation yang berani untuk mematahkan raja aplikasi yang selama ini meraja lela, dan bisa buat pembanding bagi yang bosan menggunakan microsoft excel.


Impress adalah Aplikasi presentasi yang mirip dengan Microsoft PowerPoint. Presentasi dapat diekspor sebagai berkas SWF, yang memungkinkan untuk dapat dilihat di komputer dengan Adobe Flash terinstal. LibreOffice Impress juga memungkinkan efek transisi 3D (OpenGL) dan penggunaan model 3D. jika kita mencoba membuat sebuah bahan persentasi pada Impress ini sangat bagus tentu tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan dengan powerpoint, dan template yang tersedia masih sedikit dibanding dengan powerpoint yang sudah banyak diupload baik versi gratis maupun berbayar.


Draw adalah Penyunting grafis vektor dan perangkat pembuat diagram yang mirip dengan Microsoft Visio dan sebanding dalam fitur pada versi awal dari CorelDRAW. Libreoffice Draw menyediakan konektor antara bentuk (shape) yang tersedia dalam berbagai gaya garis dan memungkinkan pembuatan gambar seperti diagram alir. LibreOffice Draw juga memiliki fitur yang mirip dengan perangkat lunak desktop publishing seperti Scribus dan Microsoft Publisher.




Math adalah Aplikasi yang dirancang untuk membuat dan menyunting formula matematika. Program ini menggunakan varian dari XML untuk membuat formula sebagaimana yang ditetapkan dalam spesifikasi OpenDocument. Formula ini juga dapat disertakan ke dokumen lain dalam paket aplikasi LibreOffice (seperti yang dibuat dengan Writer atau Calc) dengan cara mencantumkannya ke dalam dokumen tersebut.





Base adalah Aplikasi basis data relasional yang serupa dengan Microsoft Access. LibreOffice Base memungkinkan pembuatan dan pengaturan basis data, penyusunan formulir dan laporan untuk kemudahan akses data oleh pengguna akhir. Sama seperti Akses, Base dapat digunakan sebagai basis data kecil yang tertanam (embedded), yang tersimpan dalam berkas dokumen (menggunakan HSQLDB berbasis-Java sebagai mesin penyimpanannya), dan untuk pekerjaan yang lebih berat dapat juga digunakan sebagai suatu front-end untuk berbagai sistem basis data, termasuk basis data Access (JET), sumber data ODBC/JDBC, dan MySQL, MariaDB, PostgreSQL atau Microsoft Access.
Saat ini sedang diupayakan untuk mengalihkan mesin penyimpanan tertanam dari HSQLDB ke backend Firebird SQL berbasis C++. Firebird telah dimasukkan ke dalam LibreOffice sebagai satu opsi eksperimental sejak LibreOffice 4.2

Jika kita pengen kaya pengetahuan tentang beberapa aplikasi tidak ada salahnya kita coba aplikasi besutan Libre Office ini, karena nantinya lambat laun kita akan memperdapatinya, sekian dulu pembahasan pada kali ini jangan lupa tinggalkan saran pada kolom komentar, terimakasih telah berkunjung. kj
Libre Office Libre Office Reviewed by Kijang Jantan on 5:34:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.